Internal Link serta Teknik Pembuatannya

Internal link sangat bermanfaat karena akan memberitahu pembaca blog  bahwa Anda juga memiliki konten terkait pada topik yang sedang mereka baca yang membuat para pembaca  lebih terlibat terhadap blog, Ini sesuatu yang baik dalam sudut pandang SEO dan meningkatkan traffic secara aman dan gratis.

Koneksi.ID

Koneksi.ID – Hai semua, Salam Tehubung ! Mungkin dalam benak kalian masih bertanya-tanya apa aja sebenarnya fungsi serta manfaat dari internal link itu? apakah beneran diperlukan di blog ? lalu bagaimana cara membuatnya ? Oke, tulisan yang relatif ringkas ini akan coba menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. 🙂 Kita berangkat dari pengertian ato definisi aja dulu…

Apa arti Internal Link itu ?

Internal Link berarti tautan / URL (Universal Resource Locator) yang bersifat internal pada website atau blog karena link tersebut adalah link menuju artikel lain yang masih di blog yang sama.  Singkatnya Internal Link itu tautan yang merujuk ke artikel lain dari sebuah artikel yang masih di blog kita. Umumnya hanya link dengan artikel terkait atau berhubungan yang dibuat sebagai internal link.

Apa memang perlu pakai Internal Link ?

Ya, internal link itu diperlukan dan penting bagi para pembaca blog, juga bagi mesin pencari / robot perayap (crawler machine) misalnya Google dan Bing. Kalau ditanya alasannya pasti karena keduanya, baik pembaca maupun crawler robots memerlukan artikel berkualitas dan lengkap baik untuk dibaca maupun ditampilkan di halaman teratas SERP.

Kalau sudah menautkan satu atau beberapa internal link, pastinya artikel kita kelihatan lebih searchable terkait topik yang berhubungan. Tentunya itu sangat menguntungkan dalam membangun perspektif pengunjung bahwa “blog” yang sedang dibaca itu cukup “berkualitas” dan “lengkap”. (subjektifitas aja looo..)

Baca juga cara meningkatkan traffic blog secara aman dan gratis
Baca juga cara membuat backlink berkualitas

Apa saja manfaat dari Internal Link ?

Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan Internal Link:

  1. Meningkatkan Visibilitas konten-konten terkait dalam blog

    Pembaca blog akan lebih mudah memperoleh banyak informasi. Selain itu dengan menambahkan internal link akan memberi kesan ke mesin pencari untuk mengindeks semua konten blog. Jika internal link yang dipasang adalah artikel lama dan pengunjung datang darisana maka ini memberi informasi ke mesin pencari bahwa artikel lama kita masih tetap eksis.

  2. Sedikit mungkin bisa jadi pembeda antara blog berkualitas dengan yang tidak berkualitas

    Pengalaman tentu berpengaruh bagi individu atau seseorang. Blog yang berkualitas biasanya memberikan pengalaman yang baik bagi pembaca terhadap konten dari blog itu yang dapat ikuti secara mudah. Admin sebuah blog yang mahir menggunakan internal link pastinya akan lebih OK / berpengalaman dalam blogging karena terbiasa membedakan antara satu topik denga topik lainnya, mana topik utama dan mana subtopiknya. 

  3. Baik untuk peningkatan kredibilitas SEO blog Anda 

    Dengan menambahkan link masuk untuk setiap artikel merupakan salah satu strategi SEO On Page yang terbukti manjur untuk meningkatkan kualitas SEO sehingga memaksimalkan artikel agar terbit di halaman pertama SERP / hasil penelusuran.

  4. Menghemat penggunaan Backlink

    Nah, Internal link juga membantu sumber lalu lintas atau traffic blog Anda. Tidak semuanya harus berasal dari backlink kok. Mari optimalkan keduanya 🙂

Cara praktis membuat Internal Link dengan Silo Stuktur

Seperti dalam kutipan paling atas tentang internal link, teknik Silo Struktur dalam internal linking dapat diartikan sebagai mengaitkan antar artikel pada blog dalam topik bahasan yang sama atau terkait, sehingga disetiap artikel ditampilkan link menuju artikel topik utama maupun artikel lain yang menjadi penjelas atau terkait.

Misalnya  kita udah riset mau nulis artikel dengan keyword berikut:

Keyword utama : Bitcoin
Contoh keyword pendukung pengertian bitcoin, sukses bisnis bitcoin, dompet untuk bitcoin online, cara mendapatkan bitcoin gratis.

Semua keyword pendukung itu dijadikan topik artikel tersendiri.

desain silo struktur
desain internal link

Intinya Anda dapat melakukan hal berikut ;

  • Siapkan artikel keyword utama (dapat dimulai 2 – 5 keyword untuk awal)
  • Siapkan artikel keyword pendukung untuk setiap keyword utama (baiknya minimal 3 keyword agar pembahasan terhadap keyword lebih luas)
  • Satu keyword utama + keyword pendukungnya kita anggap sebagai 1 kelompok
  • Internal linking antara setiap artikel keyword pendukung dalam 1 kelompok
  • Setiap artikel keyword pendukung memberikan link ke artikel keyword utamanya dengan anchor text berupa campuran exact match keyword utama, keyword related atau sinonim.
  • Internal link dilakukan didalam artikel (pastiya :p)
  • Setiap artikel keyword utama bisa memberikan internal link ke artikel keyword utama lainnya (1 saja) dan ke artikel keyword relevan (boleh 2-3 atau sampai 5 juga boleh tergantung keperluan)
  • Teknik ini flesksibel, dapat Anda modifikasi sesuai kebutuhan dan pengalaman masing-masing.

Jika ada yang perlu didiskusikan, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Salam Terhubung dan semoga bermanfaat.